Apple Raih Penghargaan sebagai Brand Paling Terkenal dan Bernilai Tertinggi Kedua


Perusahaan teknologi lain nampaknya harus belajar dari strategi marketing yang dilakukan oleh Apple. Setelah sebelumnya berhasil menjadi perusahaan teknologi bernilai tertinggi, kini Apple dinobatkan menjadi merek ternama kedua di dunia di bawah Coca Cola.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Interbrand yang baru saja meluncurkan daftar Best Global Brand 2012. Dalam laporan tersebut, Interbrand menengarai bahwa Apple mengalami peningkatan nilai branding yang sangat signifikan yakni sebesar 129 persen dengan total sebesar $76.6 miliar USD. Sedangkan Coca Cola yang duduk di peringkat pertama ‘hanya’ mengalami peningkatan nilai merek sebesar 8 persen ke angka $77.8 miliar USD.


Dengan tren positif yang sangat siginfikan tersebut, tak mengherankan jika perusahaan yang kini dipimpin oleh Tim Cook tersebut bakal berhasil mengalahkan Coca Cola. Lalu bagaimana dengan perusahaan teknologi lain, seperti Google atau Microsoft?

Dua perusahaan tersebut masing-masing berada di tempat ke empat dan ke lima. Menurut catatan Interbrand, Google mengalami kenaikan nilai merek sebesar 26 persen menjadi $69.726 miliar USD, sedangkan Microsoft mengalami penurunan sebesar 2 persen.

Peningkatan yang cukup besar juga diperoleh Samsung. Produsen smartphone Android terbesar di dunia ini mengalami kenaikan nilai merek sebesar 40 persen dan duduk di peringkat ke sembilan di bawah Intel. Hal sebaliknya terjadi pada Nokia. Perusahaan yang berbasis di Finlandia ini mengalami penurunan sebesar 16 persen dan duduk di peringkat 19.

0 Comments:

Posting Komentar