15 Gitaris Terbaik Dunia

1. Slash
Saul Hudson (lahir di Hampstead, pinggiran kota London, 23 Juli 1965; umur 46 tahun),lebih sering diketahui sebagai Slash sebagai nama panggungnya, adalah seorang gitaris berkebangsaan Amerika-Inggris. Slash adalah mantan lead guitarist Guns N' Roses dan sekarang sebagai lead guitarist Velvet Revolver.


2. Jimi Hendrix
James Marshall "Jimi" Hendrix (lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, 27 November 1942 – meninggal di London, Inggris, 18 September 1970 pada umur 27 tahun) adalah musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris dan tokoh budaya Amerika. Ia sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock.

3. Synyster Gates
Brian Elwin Haner, Jr. (lahir di Huntington Beach, California, Amerika Serikat, 7 Juli 1981; umur 30 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Synyster Gates adalah seorang musisi dan gitaris untuk grup musik Avenged Sevenfold. Brian memasuki grup musik Avenged Sevenfold sebagai gitaris ketika ia berumur 18 tahun pada akhir tahun 1999. Dia juga memainkan piano pada lagu "Beast and the Harlot" dan "Sidewinder". Dia menciptakan lagu pertamanya berjudul "So Far Away" untuk mengenang sahabat sekaligus drummer Avenged Sevenfold, James Owen Sullivan atau lebih dikenal dengan The Rev yang meninggal pada tanggal 28 Desember 2009.


4. Joe Satriani
Joe "Satch" Satriani (lahir di Westbury, New York, Amerika Serikat, 15 Juli 1956; umur 55 tahun) adalah seorang gitaris dan guru gitar. Ia memulai kariernya sejak umur 12 tahun. Beberapa muridnya yang telah menjadi terkenal adalah Steve Vai dan Kirk Hammett. Ia terkenal ketika menaruh lagunya di Internet, dan banyak orang suka lagu yang dia mainkan.

5. Eric Clapton
Eric Patrick Clapton CBE (lahir di Ripley, Surrey, England, 30 Maret 1945; umur 67 tahun), julukan: "Slowhand", adalah gitaris sekaligus penyanyi, pencipta lagu, dan komponis asal Inggris yang pernah memenangi Grammy Award. Sebagai salah seorang musisi paling sukses pada abad ke-20 dan abad ke-21, namanya diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali (sebagai personel The Yardbirds, Cream, dan sewaktu berkarier solo). Penggemar dan kritikus musik menyanjungnya sebagai gitaris terbesar sepanjang zaman. menempati urutan ke-4 dalam daftar Gitaris Terbesar Sepanjang Masa yang diumumkan majalah Rolling Stone. Selain itu, namanya juga masuk ke dalam daftar "100 Artis Terbesar Sepanjang Zaman" (The Immortals: 100 Greatest Artists of All Time) yang diumumkan majalah yang sama.

6. Jimmy Page
Jimmy Page (Lahir : Heston, Middlesex U.K / 9 Januari 1944) adalah salah satu gitaris yang mempengaruhi banyak gitaris pada eranya sekitar pertengahan 60-an dan tahun 70-an. Pertama kali belajar gitar saat masih muda melalui Spanish gitar pemberian orang tuanya. Ia mulai bermain gitar ketika berusia 13 tahun karena terpengaruh oleh gaya rock n roll Elvis Presley pada lagu “Baby, Let’s Play House”. Awal tahun 60-an ia membuat album bersama beberapa band lokal seperti Carter Lewis & the Southerners dan Neil Christian & the Crusaders. Pada tahun 1963 ia menjadi additional gitar untuk Diamond band bersama Jet Harris & Tony Meehan(ex-Shadows). Singlenya berhasil mencapai puncak tangga lagu Inggris.

7. Paul Gilbert
Paul Gilbert Lahir: 6 November 1966 di Carbondale Illinois - USA. Group Band Paul saat ini adalah Racer X. Group Band sebelumnya adalah Racer X dan Mr.Big. Gitaris yang mempengaruhi Paul ialah Eddie Van Halen. Paul adalah tamatan dari GIT (Guitar Institute Of Technology) dan Instruktur GIT. Paul Gilbert merupakan salah satu dewa gitar seperti halnya Steve Vai, Yngwie, John Petrucci lainnya. Sebelumnya Paul dikenal melalui group bandnya Mr.Big, rekaman Mr.Big yang laku keras turut membesarkan nama Paul di dunia musik rock.


8. Eddie Van Halen
Edward Lodewijk van Halen (Eddie Van Halen, lahir di Nijmegen, Belanda, 26 Januari 1955; umur 57 tahun) adalah gitaris grup musik Van Halen asal Amerika Serikat. Eddie Van Halen dikenal sebagai salah satu pemain gitar listrik yang memiliki banyak inovasi permainan sehingga namanya dikenal luas. Grup musik Van Halen sendiri populer di seluruh dunia pada tahun 1980-an.

9. John Petrucci
John Petrucci (lahir di Kings Park, Long Island, New York, 12 Juli 1967; umur 44 tahun), adalah gitaris Amerika yang dikenal sebagai anggota pembentuk grup progresif metal Dream Theater. Dia juga seorang produser (bersama teman satu bandnya Mike Portnoy) dari semua album Dream Theater sejak rilis album Scenes From A Memory, pada tahun 1999.

10. Richie Sambora
Richie Sambora (lahir di Perth Amboy, New Jersey, Amerika Serikat, 11 Juli 1959; umur 52 tahun) dengan nama lengkap Richard Stephen Sambora dan ia berposisi sebagai gitaris di grup band Bon Jovi. Selain merilis album bersama Bon Jovi, Richie juga pernah mengeluarkan album solo pada tahun 1991 dan 1998 yang masing-masing berjudul Stranger In This Town dan Undiscovered Soul. Pada kedua album solo tersebut, selain menunjukkan kemampuan permainan gitarnya, Richie juga menyajikan kemampuan vokalnya.

11. Yngwie Malmsteen
Yngwie Johann Malmsteen (pengucapan /ˈɪŋveɪ ˈmɑːlmstiːn/ dalam Bahasa Inggris) (lahir dengan nama Lars Johan Yngve Lannerbäck lahir di Stockholm, Swedia, 30 Juni 1963; umur 48 tahun) adalah seorang gitaris Swedia, penggubah lagu, ahli berbagai macam instrumen dan pemimpin grupband. Malmsteen menjadi terkenal di era 1980-an karena keahlian teknkal dalam komposisi neo-classical metal, sering dikaitkan dengan kecepatan bermain gitar dengan nanda tinggi, skala pekikan dan skala raungan.[rujukan?] 4 albumnya, sejak 1984 sampai dengan 1988, Rising Force, Marching Out, Trilogy, dan Odyssey, berada di top 100 untuk penjualan.

12. John Frusciante
John Anthony Frusciante (lahir 5 Maret 1970; umur 42 tahun) adalah gitaris kelompok Red Hot Chili Peppers. Ia telah muncul dalam 5 album studio (Mother's Milk, Blood Sugar Sex Magik, Californication, By The Way, dan Stadium Arcadium). John Anthony Frusciante /fruːˈʃɑːnteɪ/ (pelafalan dalam bahasa Italia: [fruʃˈʃante]; lahir 5 Maret 1970) adalah seorang gitaris, penyanyi, penulis lagu, produser lagu dan film asal Amerika. Ia paling dikenal sebagai mantan gitaris band rock Red Hot Chili Peppers, yang telah bersama selama beberapa tahun dan mencatat lima album studio.Frusciante aktif dengan karir solonya, memiliki sepuluh album yang dirilis atas namanya sendiri, serta dua album yang berkolaborasi dengan Josh Klinghoffer dan Joe Lally dalam Ataxia. Rekaman solonya mencakup unsur-unsur mulai dari experimental rock dan ambient music hingga ke jenis New Wave dan electronica.

13. Chuck Berry

Charles Edward Anderson "Chuck" Berry (lahir di St. Louis, Missouri, 18 Oktober 1926; umur 85 tahun) adalah gitaris, penyanyi, dan penulis lagu Amerika Serikat. Chuck Berry adalah musikus berpengaruh dan salah seorang dari perintis musik rock and roll. Menurut situs Rock and Roll Hall of Fame, "Memang tidak ada tokoh yang bisa dikatakan sebagai pencipta rock and roll, namun Chuck Berry adalah tokoh satu-satunya yang bisa dikatakan paling mendekati, yang mengumpulkan semua unsur-unsur penting menjadi satu". Cub Koda menulis, "Dari semua artis perintis rock & roll, di antara artis yang paling penting dalam perkembangan musik rock & roll adalah Chuck Berry".

14. Keith Richards

Keith Richards (lahir di Dartford, Kent, Inggris, Britania Raya, 18 Desember 1943; umur 68 tahun) adalah musikus rock Inggris. Keith Richards juga bermain di film Pirates of the Caribbean: At World's End sebagai Teague Sparrow, ayah Kapten Jack Sparrow. Selain sebagai musikus dan aktor, Keith Richards juga adalah penulis lagu, produser rekaman juga penulis buku kategori 'Best Seller', Dikenal sebagai salah satu pendiri band Rolling Stones, Gitaris Keith Richards terkenal dengan permainan rythm gitarnya yang inovatif sehingga menempatkannya pada rangking 10 dalam "100 Gitaris Terbaik Sepanjang Masa" versi majalah Rolling Stones tahun 2003, Bersama rekannya penulis lagu dan penyanyi Mick Jagger, Richards telah menulis dan merekam ratusan lagu, 14 diantaranya masuk dalam "500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa" versi majalah Rolling Stones.

15. Jeff Beck

Jeff Beck (lahir 24 Juni 1944) adalah gitaris rock berkebangsaan Inggris. Dia adalah salah satu dari tiga gitaris termahsyur, bersama dengan Eric Clapton dan Jimmy Page, yang bermain dalam band The Yardbirds. Beck juga membentuk The Jeff Beck Group, dan Beck, Bogert & Appice, selain karier solo yang sukses. Jeff Beck menempati peringkat 14 dalam daftar Majalah Rolling Stone tentang "100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa" MSNBC memanggil dia "gitarisnya gitaris" ("guitarist's guitarist") dan majalah Rolling Stone menggambarkan dia sebagai "salah satu gitaris yang paling berpengaruh dalam musik rock".

2 Comments:

{ Peter } at: 28 April 2012 05.31 mengatakan...

Keren sih gan.
tapi ane mau reques.

siapa-siapa ja pemain Piano terbaik di dunia, tapi bukan sang legenda ya.

{ Faisal Tifan Fardiaz } at: 29 April 2012 01.40 mengatakan...

oke deh gan, ntar ane buat pemain piano terbaik saat ini...

Posting Komentar