Profil Band The Beatles

Tidak tau kenapa tadi saya melamun dan timbul keinginan untuk menulis artikel tentang band legendaris dan terfenomenal sepanjang masa di seluruh dunia, siapa lagi kalau bukan The Beatles. Selain terkenal karena lagu-lagunya yang enak didengar, Band ini juga terkenal karena riwayat perjalanan yang sangat unik dan fenomenal untuk di ceritakan kembali. Langsung saja kita lihat profilnya...



The Beatles adalah kelompok pemusik Inggris beraliran rock, dibentuk di Liverpool pada tahun 1960, seringkali dianggap sebagai pemusik tersukses secara komersial dan paling banyak mendapat pujian dalam musik populer. Sejak tahun 1962, kelompok ini terdiri dari John Lennon (gitar ritem, vokal), Paul McCartney (gitar bass, vokal), George Harrison (gitar utama, vokal), Ringo Starr (drum, vokal). Bermula dari aliran skiffle dan rock and roll 1950-an, kelompok ini nantinya memainkan musik dalam berbagai genre mulai dari folk rock sampai rock psikedelik, memasukkan juga unsur musik klasik dan elemen lain dengan cara inovatif. The Beatles dipandang sebagai perwujudan ide-ide progresif, berpengaruh terhadap revolusi sosial budaya dekade 60-an.


Awalnya 5 orang terdiri dari Lennon, McCartney, Harrison, Stuart Sutcliffe (bas) dan Pete Best (drum), The Beatles hanya terkenal di klub-klub Liverpool dan Hamburg selama 3 tahun mulai tahun 1960. Sutcliffe hengkang tahun 1961, dan Best diganti Starr tahun berikutnya. Beatles ditempa jadi profesional oleh seorang pengusaha toko musik bernama Brian Epstein setelah ia jadi manajer mereka dan potensi musik dipoles oleh produser George Martin. Akhir 1962, Beatles sudah mendapatkan kesuksesan di Britania Raya dengan singel pertama Love Me Do. Sepanjang tahun berikut, mereka melakukan tur internasional sampai 1966 dan berkonsentrasi merekam album di dalam negeri sampai bubar tahun 1970. Karir solo masing-masing dibilang sukses tapi Lennon terbunuh di New York City tahun 1980 dan Harisson meninggal karena kanker tahun 2001. McCartney dan Starr masih aktif bermusik.

A square quartered into four head shots of young men with moptop haircuts. Clockwise from top left, one smiles jauntily towards his right, one faces forward excitedly with an opened mouth, one smiles with his left eye half closed as if blinking, and one looks up with his tongue stuck out slightly as if licking his lips. All four wear white shirts and dark coats.

Dalam tahun-tahun rekaman album studio, Beatles merilis karya-karya yang dinilai terbaik oleh kritikus, salah satunya Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (1967), dipuji sebagai karya agung. Empat dekade setelah bubar, musiknya masih populer. Mereka memiliki lebih dari satu album nomor 1 di tangga lagu Britania Raya dan bertengger paling lama dibanding pemusik manapun. Berdasarkan RIAA, mereka adalah pemusik yang menjual album terbanyak di Amerika Serikat. Tahun 2008, majalah Billboard merilis daftar musikus dengan penjualan terbesar sepanjang sejarah Hot 100 untuk merayakan 15 tahun hari jadi tangga lagu singel Amerika dimana The Beatles berada di nomor satu. Tujuh kali mendapat Grammy Awards, 15 Ivor Novello Awards dari British Academy of Songwriters, Composers and Authors, The Beatles secara kolektif dimasukkan dalam kompilasi majalah TIME sebagai satu dari 100 orang paling berpengaruh di abad ke-20.

Album The Beatles

1. Please Please Me
Please Please Me adalah album pertama yang dirilis oleh The Beatles pada tahun 1963, oleh Parlophone Records, menyusul sukses yang diraih singel 'Love Me Do' (peringkat 17) dan 'Please Please Me' (peringkat 1) di tangga lagu Inggris. Album ini dengan cepat membawa The Beatles menuju kepopuleran di Inggris. Dari 14 lagu yang terdapat pada album ini, delapan di antaranya diciptakan oleh John Lennon dan Paul McCartney. Pada tahun 2003, Rolling Stone lewat Daftar 500 Album Terbaik Sepanjang Masa menempatkan album ini di peringkat ke 39.

  1. I Saw Her Standing There
  2. Misery
  3. Anna (Go to Him) - Arthur Alexander
  4. Chains - Gerry Goffin / Carole King
  5. Boys - Luther Dixon / Wes Farrell
  6. Ask Me Why
  7. Please Please Me
  8. Love Me Do
  9. P.S. I Love You
  10. Baby It's You - Mack David / Barney Williams / Burt Bacharach
  11. Do You Want to Know a Secret
  12. A Taste of Honey - Bobby Scott / Rick Marlow)
  13. There's a Place
  14. Twist and Shout - Bert Russell / Phil Medley
2. With the Beatles
With The Beatles adalah album studio kedua oleh grup rock Inggris The Beatles. Album ini dirilis pada tanggal 22 November 1963 tentang Parlophone, dan tercatat empat bulan setelah debut band Please Please Me. Fitur album delapan komposisi asli (tujuh oleh Lennon-McCartney dan "Jangan Bother Me", pertama George Harrison mencatat komposisi dan solo yang pertama dirilis pada album Beatles) dan enam penutup (kebanyakan dari Motown dan R & B hit). Sebagian besar lagu dari album yang dirilis di Amerika Serikat oleh Capitol Record sebagai Meet The Beatles! LP pada tanggal 20 Januari 1964, dan sisanya yang tidak, fitur pada album berikutnya AS mereka, Album Kedua The Beatles.
  1. It Won't Be Long
  2. All I've Got to Do
  3. All My Loving
  4. Don't Bother Me
  5. Little Child
  6. Till There Was You (Meredith Willson)
  7. Please Mister Postman
  8. Roll Over Beethoven (Chuck Berry)
  9. Hold Me Tight
  10. You Really Got a Hold on Me (Smokey Robinson)
  11. I Wanna Be Your Man
  12. Devil in Her Heart
  13. Not a Second Time
  14. Money (That's What I Want)
3. A Hard Day's Night
A Hard Day's Night adalah album studio ketiga The Beatles, dirilis pada tanggal 10 Juli 1964 sebagai soundtrack untuk film mereka Malam A Hard Day itu. Versi Amerika dari album ini dirilis dua minggu sebelumnya, pada tanggal 26 Juni 1964 oleh Serikat Rekaman Artis, dengan daftar track yang berbeda. Ia akhirnya digantikan oleh versi asli Kerajaan Serikat dengan rilis pertama pada CD dan LP kembali merilis pada tahun 1987.

  1. A Hard Day's Night
  2. I Should Have Known Better
  3. If I Fell
  4. I'm Happy Just to Dance with You
  5. And I Love Her
  6. Tell Me Why
  7. Can't Buy Me Love
  8. Any Time at All
  9. I'll Cry Instead
  10. Things We Said Today
  11. When I Get Home
  12. You Can't Do That
  13. I'll Be Back
4 Beatles for Sale 

Beatles for Sale adalah album studio keempat oleh band rock Inggris The Beatles, dirilis pada tahun 1964-an dan diproduksi oleh George Martin untuk Parlophone. Album ini menandai titik balik kecil dalam evolusi Lennon dan McCartney sebagai penulis lirik, John Lennon khususnya sekarang menunjukkan minat dalam menciptakan lagu yang lebih bersifat otobiografis. "Aku Pecundang sebuah" menunjukkan Lennon untuk pertama kalinya yang tampaknya datang di bawah pengaruh Bob Dylan, yang ia temui untuk pertama kalinya di New York saat tur, pada tanggal 28 Agustus 1964.


  1. No Reply
  2. I'm a Loser
  3. Baby's in Black
  4. Rock and Roll Music
  5. I'll Follow the Sun
  6. Mr. Moonlight
  7. Kansas City/Hey-Hey-Hey-Hey!
  8. Eight Days a Week
  9. Words of Love
  10. Honey Don't
  11. Every Little Thing
  12. I Don't Want to Spoil the Party
  13. What You're Doing
  14. Everybody's Trying to Be My Baby
5. Help!
Help! adalah judul album kelima Utara Inggris dan kesepuluh Amerika oleh The Beatles, dan soundtrack dari film mereka dengan nama yang sama. Diproduksi oleh George Martin untuk Parlophone Records EMI, berisi empat belas lagu dalam bentuk aslinya asal Inggris, yang tujuh muncul dalam film. Lagu-lagu ini mengambil sisi pertama dari album vinil dan termasuk single "Help!" dan "Ticket to Ride". Sisi kedua berisi tujuh rilis lainnya termasuk lagu yang paling tertutup yang pernah ditulis, "Yesterday".
  1. Help!
  2. The Night Before
  3. You've Got to Hide Your Love Away
  4. I Need You
  5. Another Girl
  6. You're Going to Lose That Girl
  7. Ticket to Ride
  8. Act Naturally
  9. It's Only Love
  10. You Like Me Too Much
  11. Tell Me What You See
  12. I've Just Seen a Face
  13. Yesterday
  14. Dizzy Miss Lizzy


6. Rubber Soul
Rubber Soul adalah album oleh kelompok musik dari Britania Raya, The Beatles, yang diterbitkan pada Desember 1965. Album ini direkam dalam waktu sekitar empat minggu agar dapat diedarkan sebelum Natal, dan diproduksi oleh George Martin.


  1. Drive My Car
  2. Norwegian Wood (This Bird Has Flown)
  3. You Won't See Me
  4. Nowhere Man
  5. Think For Yourself
  6. The Word
  7. Michelle
  8. What Goes On
  9. Girl
  10. I'm Looking Through You
  11. In My Life
  12. Wait
  13. If I Needed Someone
  14. Run For Your Life
7. Revolver
Revolver adalah album ketujuh The Beatles, diterbitkan pada 5 Agustus 1966. Album ini mencapai peringkat 1 di tangga UK dan AS. Album inilah "magnum opus" sebenarnya dari The Beatles. Majalah MOJO menyebut album ini sebagai: "Sebuah epik, pencapaian tertinggi yang pernah dicapai oleh musik barat"
  1. Taxman
  2. Eleanor Rigby
  3. I'm Only Sleeping
  4. Love You To
  5. Here, There and Everywhere
  6. Yellow Submarine
  7. She Said She Said
  8. Good Day Sunshine
  9. And Your Bird Can Sing
  10. For No One
  11. Doctor Robert
  12. I Want to Tell You
  13. Got to Get You into My Life
  14. Tomorrow Never Knows
8. Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band
Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band ialah sebuah album yang diluncurkan The Beatles. Merupakan album ke-9 The Beatles yang diluncurkan di Britania Raya. Diluncurkan pada 1 Juni 1967, dan tetap di peringkat atas tangga lagu selama 26 minggu. Mengandung sejumlah track terkenal seperti "When I'm Sixty Four" oleh Paul McCartney "When I'm Sixty-Four" dan kolaborasi Lennon/McCartney "A Day in the Life." Album ini dicap oleh berbagai kalangan sebagai masterpiece terbaik The Beatles, serta salah satu album terbaik sepanjang masa. Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band adalah salah satu album paling berpengaruh bagi industri musik hingga kini, oleh karena inovasi-inovasi baru yang dilakukan The Beatles dalam membuat album ini. Album ini dibuat dalam waktu 700 jam, dan sebagian besar lagu-lagunya tidak dapat dimainkan secara live pada masa itu.
  1. Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band
  2. With a Little Help from My Friends
  3. Lucy in the Sky with Diamonds
  4. Getting Better
  5. Fixing a Hole
  6. She's Leaving Home
  7. Being for the Benefit of Mr. Kite
  8. Within You Without You
  9. When I'm Sixty-Four
  10. Lovely Rita
  11. Good Morning Good Morning
  12. Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (Reprise)
  13. A Day in the Life
9. The Beatles
The Beatles adalah album kesembilan resmi oleh grup rock Inggris The Beatles, sebuah album ganda dirilis pada tahun 1968. Hal ini juga biasa dikenal sebagai "The White Album" karena tidak memiliki gambar atau teks selain nama timbul band ini (dan, di LP awal dan rilis CD, nomor seri) di lengan baju polos putih.
Album ini ditulis dan direkam selama periode kekacauan untuk grup, setelah mengunjungi Maharishi Mahesh Yogi di India dan memiliki sesi penulisan lagu yang produktif di awal 1968. Kelompok ini kembali ke studio untuk merekam dari Mei hingga Oktober 1968, hanya memiliki drive konflik dan perbedaan pendapat anggota kelompok terpisah. Ringo Starr keluar dari band untuk waktu yang singkat, meninggalkan Paul McCartney untuk bermain drum pada dua lagu. Banyak dari lagu itu "solo" rekaman, atau setidaknya kurang dari kelompok penuh, karena setiap anggota individu mulai mengeksplorasi bakat sendiri.
  1. Back in the U.S.S.R.
  2. Dear Prudence
  3. Glass Onion
  4. Ob-La-Di, Ob-La-Da
  5. Wild Honey Pie
  6. The Continuing Story of Bungalow Bill
  7. While My Guitar Gently Weeps
  8. Happiness Is a Warm Gun
  9. Martha My Dear
  10. I'm So Tired
  11. Blackbird
  12. Piggies
  13. Rocky Raccoon
  14. Don't Pass Me By
  15. Why Don't We Do It in the Road?
  16. I Will
  17. Julia
  18. Birthday
  19. Yer Blues
  20. Mother Nature's Son
  21. Everybody's Got Something to Hide Except Me and My Monkey
  22. Sexy Sadie
  23. Helter Skelter
  24. Long, Long, Long
  25. Revolution 1
  26. Honey Pie
  27. Savoy Truffle
  28. Cry Baby Cry
  29. Revolution 9
  30. Good Night
10. Yellow Submarine
Yellow Submarine adalah album studio kesepuluh oleh The Beatles di Inggris, dirilis di Apple Records. Album itu dikeluarkan sebagai soundtrack untuk film dengan nama yang sama, yang perdana di Inggris tujuh bulan sebelum rilis album.
  1. Yellow Submarine
  2. Only a Northern Song
  3. All Together Now
  4. Hey Bulldog
  5. It's All Too Much
  6. All You Need Is Love
  7. Pepperland
  8. Sea of Time
  9. Sea of Holes
  10. Sea of Monsters
  11. March of the Meanies
  12. Pepperland Laid Waste
  13. Yellow Submarine in Pepperland
11. Abbey Road
Abbey Road adalah album rekaman resmi The Beatles ke-sebelas. Abbey Road mulai dikerjakan pada April 1969, yang membuatnya menjadi album terakhir atau ke-duabelas yang direkam oleh The Beatles. Namun, Let it Be merupakan album terakhir yang dirilis oleh grup ini sebelum pembubarannya pada tahun 1970. Abbey Road dirilis pada 26 September 1969 di Britania Raya dan 1 Oktober 1969 di Amerika Serikat. Album ini diproduseri oleh George Martin untuk Apple Records. Geoff Emerick menjadi penata suara, Alan Parsons sebagai asisten penata suara, dan Tony Banks sebagai pengopersi kaset. Majalah Rolling Stone mendaftarkan album ini sebagai album terbaik ke-14 sepanjang masa.
  1. Come Together
  2. Something
  3. Maxwell's Silver Hammer
  4. Oh! Darling
  5. Octopus's Garden
  6. I Want You (She's So Heavy)
  7. Here Comes the Sun
  8. Because
  9. You Never Give Me Your Money
  10. Sun King
  11. Mean Mr. Mustard
  12. Polythene Pam
  13. She Came in Through the Bathroom Window
  14. Golden Slumbers
  15. Carry That Weight
  16. The End
  17. Her Majesty
12. Let It Be
Let It Be adalah album studio ke-12 dan final dirilis oleh band rock Inggris The Beatles. Album ini dirilis pada tanggal 8 Mei 1970 oleh label Rekaman Apple band lama setelah kelompok itu mengumumkan mereka break-up.
  1. The One After 909
  2. Rocker (Improvisation)
  3. Save the Last Dance for Me
  4. Don't Let Me Down
  5. Dig a Pony
  6. I've Got a Feeling
  7. Get Back
  8. For You Blue
  9. Teddy Boy
  10. Two of Us
  11. Maggie Mae
  12. Dig It
  13. Let It Be
  14. The Long and Winding Road
  15. Get Back

0 Comments:

Posting Komentar