Top 11 Japanese Movies 2000-2010

11. Confessions aka Kokuhaku (2010)
Confessions menceritakan kisah tragis seorang guru wanita bernama Yuko Moriguchi (Takako Matsu) yang kehilangan putri semata wayangnya yang baru berusia 3 tahun, Manami (Mana Ashida), yang tenggelam di kolam renang di sebuah sekolah tempatnya mengajar. Ia yang tadinya yakin putrinya mati secara "wajar" mulai meyakini ada ketidaberesan dalam kematian putrinya itu, yang kemudian menyeretnya kepada sebuah kesimpulan bahwa putri semata wayangnya itu mati secara tidak wajar, atau lebih tepatnya dibunuh. Akan tetapi jika anda menganggap bahwa film ini merupakan film "biasa", dalam artian bahwa plot-plot yang ada akan menyeret kita kepada pencarian siapa sesungguhnya pelaku pembunuhan Manami, maka anda salah besar.

10. 700 Days of Battle: Us vs. The Police (2008)
Alkisah di tahun 1979, seorang murid SMA di sebuah kota kecil bernama Saijo (Takuya Ishida) sedang mengendarai motor bebeknya di sebuah turunan, tapi malang dirinya ditilang polisi karena ngebut di akhir turunan jalan curam tersebut. Saijo merasa dirugikan karena jebakan tilang di jalan yang curam benar-benar tidak masuk akal, maka ia dan teman-temannya di sekolah yang terkenal dengan geng super jailnya yang diketuai oleh Mamachari (Hayato Ichihara) merencanakan pembalasan kepada polisi tersebut dengan tindakan-tindakan jail yang awalnya sederhana menjadi semakin rumit dan konyol.

9. Swing Girls (2004)
Cerita diawali dengan sekelompok abg cewek yang dilanda rasa bosen tingkat tinggi di sekolah, mereka berusaha kabur dengan alasan mengantarkan makan siang untuk temen mereka yang tergabung dalam marching band, ketololan dan kelalaian mereka makanan jatuh dan kecebur alhasil satu marching band harus dilarikan ke rumah sakit. Situasi ini akhirnya yang memaksa mereka untuk bergabung dan membentuk band jazz.

8. Shinobi (2005)
Sesuai novelnya versi live action nya ini Shimoyama membawa settingnya ke Jepang abad 16, tepatnya pada era Sengoku, mempertemukan kita dengan Gennosuke (Joe Odagiri) and Oboro (Yukie Nakama) pasangan kekasih dari dua klan ninja legendaris, Kouga dan Iga yang sudah berseteru selama kurang lebih 400 tahun lamanya. Dann untuk menguji kekuatan cinta mereka keduanya kemudian dihadapkan pada sebuah kenyataan pahit disaat shogun Tokugawa, penguasa Jepang saat itu merasa terancam dengan kehadiran dua kubu Shinobi berbahaya itu hingga kemudian melakukan konspirasi untuk menghancurkan keduanya dengan memaksa mereka untuk saling bunuh satu sama lain, dan tentu saja pada akhirnya Gennousuke harus berhadapan dengan kekasih hatinya, Oboro.

7. Fish Story (2009)
Fish story adalah sebuah film dengan genre music, drama, comedy, fiction, ect  yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Ketika kita menontonnya mungkin kita akan dibuat bingung dengan plot time yang loncat-loncat dan dipotong-potong di bagian-bagian yang krusial. Membuat kita bertanya-tanya ending dari tiap-tiap plot cerita. Tapi semuanya akan terjawab di akhir cerita. Semua dikemas sedemikian rupa sehingga kita tidak akan menyangka-nyangka hal apakah yang akan terjadi. Sebuah film yang tidak biasa dan mungkin bisa jadi tidak akan kalian duga-duga.

6. Death Note (2006)
Berawal ketika Light Yagami (Tatsuya Fujiwara) menemukan sebuah buku yang ternyata milik Shinigami (Dewa Kematian) bernama Ryuk (Ryuku). Di dalam Death Note milik Ryuk, terdapat cara menggunakan Death Note yang ditulis Shinigami Ryuk sendiri. Death Note pun mulai ia gunakan untuk membunuh para kriminal. Ia dapat mendapatkan data para kriminal dari televisi maupun mencuri data kepolisian pusat dengan mudah karena ayahnya, Shoichiro Yagami (Takeshi Kaga) adalah seorang kepala polisi. Ternyata tindakannya ini mengundang berbagai reaksi, baik dari masyarakat, para petinggi Jepang, bahkan dari para petinggi internasional.

5. Be With You aka Ima, Ai Ni Yukimasu (2004)
Drama yang diangkat dari novel karya Takuji Ichikawa. Tentang seorang istri yang berjanji pada suami dan anaknya di buku yang dibuatnya. Pada musim hujan satu tahun setelah kematiannya, dia akan kembali selama musim hujan. Film hantu? Bukan. Film ini salah satu cerita cinta yang manis banget. Dan ceritanya sangat dalam. Bahkan kalo kalian cari tahu arti Ima Ai ni Yukimasu yang sebenernya bakalan terkesima sama movie ini.

4. Crows Zero (2007)
FILM CROWS ZERO (2007)
Crows Zero diangkat dari sebuah manga jepang (crows) yang menceritakan seorang pemuda siswa (genji takiya) baru di sekolah suzuran, dia berambisi menguasai suzuran, dimana suzuran merupakan sekolah khusus laki-laki yang dihuni para siswa yang doyan berantem, dia menantang serizawa salah satu pentolan di sekolah tersebut demi menguasai seluruh siswa, untuk menantang serizawa dia harus mempunyai pengikut terlebih dahulu.

3. Departures aka Okuribito (2008)
Daigo Kobayashi adalah seorang pemain cello sebuah orkestra yang harus melupakan mimpinya sebagai pemain cello profesional dikarenakan orkestranya tersebut harus gulung tikar. Daigo bersama istrinya akhirnya memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya untuk memulai sesuatu yg baru. Tanpa disengaja disini Daigo menemukan pekerjaan yang tidak ia duga sebelumnya, pekerajaan sebagai Nokanshi atau encoffineer atau pemandi dan perias jenasah yg dipersiapkan untuk dikremasi dalam perjalan ke hidup selanjutnya. Walaupun banyak yang mengecam pekerjaanya termasuk istrinya sendiri.

2. Spirited Away (2001)
Spirited Away bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Chihiro yang menemukan sebuah dunia rahasia penuh dengan arwah halus, monster dan penyihir. Ketika orang tuanya secara misterius berubah menjadi babi, ia harus memberanikan diri untuk menyelamatkan kedua orang tuanya dan kembali ke dunia manusia walau harus tinggal bersama para arwah halus dan monster yang setiap kali bisa membahayakan nyawanya.

1. Battle Royale (2000)
Apa yg akan kamu lakukan jika seandainya kamu dihadapkan pada suatu pilihan antara bertahan hidup atau membunuh sahabatmu sendiri? Mungkin ada yg memilih lebih baik mati bersama daripada harus saling membunuh, ada yg memilih untuk mati di tangan orang yang dicintai ada jg orang yg benar2 telah kehilangan perasaannya hingga tega membunuh temannya sendiri.  Rasa saling percaya hilang begitu saja hanya demi mempertahankan nyawa. Itulah yang ditawarkan dalam film ini. Mungkin buat yang ga suka liat darah bakal bilang film ini sadis. Tapi secara keseluruhan ini merupakan film terbagus yang pernah saya tonton.

0 Comments:

Posting Komentar