Wine, Solusi Aplikasi Windows Menapak di Linux

Para calon pengguna Linux saat ini banyak dihadapkan pada dilema, disatu sisi Anda ingin bermigrasi ke Linux, akan tetapi disatu sisi Anda merasa berat sekali untuk meninggalkan Windows dikarenakan sudah terlanjur terbiasa dan banyak sekali program yang Anda gunakan berjalan di Windows. Jangan khawatir, karena Wine menawarkan solusi bagi Anda.

Software yang mempunyai singkatan Wine Is Not Emulator merupakan implementasi dari API Windows 16 bit dan 32 bit di atas X-Window dan sistem operasi Linux. Wine sendiri sebenarnya terdiri dari dua bagian bidang kerja, yakni bagian pertama adalah sebuah Library yang disebut Winelib bertugas untuk melakukan porting source code aplikasi Windows ke Linux; bagian kedua adalah program loader untuk menjalankan aplikasi Windows 3.x/9x/2000/XP/NT tanpa modifikasi pada sistem operasi Linux. Hal yang perlu diingat adalah Wine hanya dapat dijalankan pada komputer berbasis Intel.


Sistem requirement yang dibutuhkan software ini tidak terlalu menuntut komputer Anda, hanya dengan komputer Anda memiliki  sistem operasi Linux yang mempunyai X-windows serta program Gcc minimal versi 2.7.x, maka aplikasi ini dapat diinstal dengan baik ke dalam komputer Anda.

Ada sekitar 3433 aplikasi Windows yang telah teruji berjalan pada software ini, diantaranya aplikasi World Of Warcraft 1.3.0, Ragnarok Online Beta, Microsoft Money 2004, PokerStars 1.786, Diablo II 1.x, Paint Shop Pro 4.x, Warcraft III Reign of Chaos: 1.x, Band In a Box 2005, FrontPage 2002/XP, Winamp 5.x Free “Lite” Version, Paint Shop Pro 7.x, Dreamweaver 4.x, Visual FoxPro 5, Internet Explorer 5.5, Microsoft Office  , Adobe Photoshop, Microsoft Visual Basic, dan masih banyak lagi.


Aplikasi yang mendedikasikan dirinya ke dalam open source ini dapat Anda download ke alamat pengembang [http://www.winehq.com]. Saat ini telah mencapai versi 0.9.6 dengan tentunya telah mengalami perbaikan-perbaikan kode program dari sebelumnya. Buktikan sendiri bahwa software yang satu ini dapat menjalankan aplikasi Windows di Linux, selamat mencoba.

0 Comments:

Posting Komentar