Blackberry Tenggelam, iPhone dan Android Berjaya

Bicara tentang smart phone, saya heran kenapa harga Blackberry begitu tinggi padahal fitur dari ponsel tersebut hanya itu-itu saja dan tidak ada istimewanya. Yang bisa di banggakan hanya Blackberry messenger dan itu juga tidak terlalu bangga-bangga amat. Karena banyak messenger-messenger lain yang jauh diatas Blackberry Messenger. Sebut saja Whatsapp, Viber, Skype dan sebagainya. Untuk 2 nama terakhir bahkan tidak bisa digunakan pada ponsel Blackberry. Padahal Viber bisa digunakan untuk menelpon gratis, sedangkan Skype bukan hanya menelpon, tapi juga dapat melakukan interaksi dengan video.


Push mail yang dulu hanya dimiliki oleh Blackberry, sekarang hampir semua sistem operasi sudah menyediakan fitur tersebut. Jadi kesimpulannya saya belum menemukan keunggulan dari blackberry.

Sementara salah satu saingannya yaitu Android fitur games dan aplikasi yang sangat banyak begitu menarik dan tidak akan pernah bosen karena saking banyaknya. Apalagi android merupakan open source, sama seperti linux pada komputer. Jadi sudah pasti perkembangan opensource akan sangat cepat. Untuk urusan internet, Android pun sangat baik dan tidak kalah dengan Blackberry. Kalau di bandingkan Blackberry sudah pasti kalah telak. Bagaimana dengan iPhone?

Yap, sudah jelas pula iPhone jauh diatas Blackberry. Saingan iPhone adalah android, bukan Blackberry. Bahkan pendiri Apple selain Steve Jobs, yaitu Steve Wozniak mengakui beberapa keunggulan Android lebih unggul di banding dengan iPhone miliknya.

Loh? Kenapa iPhone lebih unggul dari Blackberry padahal di Indonesia lebih banyak menggunakan Blackberry dari pada iPhone? Pengguna iPhone di Indonesia sedikit dibandingkan Blackberry bukan karena fitur iPhone yang jelek, justru kebalikannya. Harga iPhone lah yang membuat orang Indonesia jarang menggunakannya. Bayangkan saja, harga iPhone rata-rata diatas 5 jutaan. Tapi tentu tidak masalah jika mempunyai Budget lebih, iPhone adalah pilihan yang sangat baik.


Jadi kesimpulannya, Blackberry sudah tertinggal jauh dengan para saingannya. Jika anda ingin membeli ponsel baru, android atau iPhone adalah pilihan yang paling baik. Tapi semua jatuh ke Anda masing-masing ingin memilih ponsel yang mana. Dan untuk pengguna BB, siap-siap ketinggalan jaman jika tidak cepat-cepat ganti dengan Smart Phones yang sudah lebih maju.

0 Comments:

Posting Komentar