Windows 8 Dengan Layar Sentuh


Tiada hari tanpa inovasi, setelah sukses menelorkan Windows 7 yang mendapat sambutan pasar yang sangat baik, tak lama lagi Microsoft bakal meluncurkan produk anyarnya yang dilabeli Windows 8. Produk-produk Microsoft sebelumnya hanya dilengkapi dengan mikroprosesor (arsitek) x86 yang notabenenya lebih kompleks dan berat dari segi daya dan tenaga sehingga lebih cocok digunakan di desktop.

Meski lebih kompleks, x86 berhasil merajai produk-produk desktop dan menggeser pesaingnya mikroprosesor Advanced RISC Machine (ARM). Prosesor ARM yang pada awalnya ditujukan untuk pengguna desktop namun kalah bersaing dengan x68 ini justru akhirnya mendominasi produk-produk elektronik umum semacam mobile phone dan PDA. Tercatat sejak 2007, lebih dari 90 persen produk mobile phone menggunakan prosesor ARM. Pasalnya prosesor ini memang lebih sederhana sehingga cocok sebagai diterapkan pada mobile phone yang umumnya menggunakan aplikasi berdaya rendah.

Kembali pada Windows 8, produk yang kabarnya akan diluncurkan awal 2012 ini selain menggunakan prosesor x68, dilengkapi pula dengan ARM. Perubahan user interface pun dilakukan pada Windows 8 sehingga tanpa mouse dan keyboard pun, mampu dijalankan pada elektronik berlayar sentuh seperti halnya pada tablet touch screen.


Belum ada konfirmasi resmi dari Microsoft terkait tanggal pasti peluncurannya, tapi yang pasti produk ini sudah selesai dibuat dan versi Developer Previewnya sudah diluncurkan. Uji coba oleh Developer di berbagai dunia tengah dilakukan, masukan dari merekalah yang nantinya dipakai untuk memantapkan Windows 8 sebelum resmi didistribusikan ke konsumennya di seluruh dunia.

Jadi bagi anda pecinta elektronik layar sentuh, nampaknya tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menjajal Windows 8. Pasalnya sejumlah surat kabar menduga Windows 8 segera rilis awal tahun ini.

0 Comments:

Posting Komentar