Profil Band Sheila on 7

Sheila on 7 adalah salah satu grup musik Indonesia yang berdiri pada 6 Mei 1996 ini pada awalnya adalah sekumpulan anak-anak sekolah dari beberapa SMA di Yogyakarta. Di awal berdirinya bersatulah lima anak muda, Duta (vokal) berasal dari SMA 4, Adam (bass) dari SMA 6, Eross (gitar) dari SMA Muhammadiyah I, Sakti (gitar) dari SMA De Britto, dan Anton (drum) berasal dari SMA Bopkri I. Mereka sepakat untuk membentuk sebuah band dan membawakan lagu-lagu dari kelompok Oasis, U2, Bon Jovi, Guns N' Roses, dll. Pada waktu itu juga, mereka telah memiliki beberapa lagu-lagu orisinal karya mereka sendiri dan mereka mencoba untuk memperkenalkan dan membawakan lagu-lagu tersebut dengan penuh rasa percaya diri di berbagai pentas.


Berawal dari Adam dan Sakti yang memiliki band bernama "W.H.Y Gank" mengajak Duta ikut latihan band mereka untuk menjadi vokalis. Duta dipilih berbekal cerita Adam bahwa Adam dan Duta merupakan langganan pengisi acara 17 Agustus-an di komplek perumahan mereka, Duta menyanyi dan Adam bermain gitar akustik.

Berbicara mengenai "W.H.Y Gank" saat itu, Adam dan Sakti masih sering bertukar posisi sebagai bassist dan guitarist tergantung dari lagu yang mereka bawakan. Namun kebetulan band yang beranggotakan Adam, Sakti, Duta, dan seorang drummer bernama Agung ini belum sempat mencicipi panggung musik. Mereka baru sebatas latihan di studio, meng-cover version lagu band-band ternama, dan ikut audisi/seleksi untuk bisa tampil di sebuah acara.

Setahun berselang setelah "W.H.Y Gank" sempat vakum beberapa waktu, berkenalanlah mereka dengan Eross (yang nantinya menjadi lead guitar mereka). Mereka berempat kemudian memutuskan untuk memulai sebuah band baru, dan bertemulah mereka dengan Anton sang pemain drum yang dikenalkan oleh Eross pada saat latihan pertama band ini di studio. Setelah latihan pertama selesai inilah mereka memutuskan untuk menamakan band ini dengan nama "Sheilagank", dan menjadikan tanggal 6 Mei 1996 sebagai hari lahir mereka.

"Sheilagank" sempat malang melintang di pensi-pensi dan festival band SMA se-Jateng DIY selama kurang lebih 2 tahun, hingga pertengahan tahun 1998 akhirnya mereka mendapatkan "kontrak rekaman" pertama mereka dengan pihak label Sony Music Entertaintment Indonesia. Mereka kemudian merubah nama band mereka menjadi "Sheila On 7". Nama "Sheilagank" kemudian digunakan sebagai sebutan bagi pendengar setia karya-karya mereka. "Sheila" sebenarnya diambil dari nama teman SMA Eross yang juga adalah teman SD Adam dan Duta. Alkisah, saat pertama Adam dan Eross berkenalan dulu, Adam memanggil Eross dengan panggilan "temannya Sheila ya ?!", dan Eross pun menjawab "kamu temannya Sheila juga ya ?!", sehingga nama tersebut seringkali disebut dalam perbincangan mereka. Sedangkan "On 7" maksudnya adalah "pada 7 nada yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si". Sehingga nama "Sheila On 7" kira-kira artinya adalah teman-temannya "Sheila" yang memainkan 7 nada / memainkan musik.

Sheila On 7 sejak awal kiprahnya di kancah musik Indonesia telah menorehkan banyak sekali prestasi, diantaranya menjadi satu-satunya band Indonesia yang mampu menjual album fisik sebanyak lebih dari satu juta copy, tiga album berturut-turut. Mereka juga memiliki pendengar-pendengar setia di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei.
Namun di tahun 2004, mereka harus berpisah dengan Anton (drummer) dikarenakan perbedaan visi. Saat itu kemudian Brian masuk sebagai additional player mengisi posisi drummer yang ditinggalkan Anton. Brian tampil bersama Sheila On 7 di berbagai tour untuk promo album "Pejantan Tangguh". Album The Very Best of Sheila On 7 (2005) menjadi karir rekaman studio pertama Brian bersama Sheila On 7 sebagai additional player. Pada tahun 2006, Sheila On 7 juga harus berpisah dengan Sakti karena ia mengundurkan diri di tengah-tengah proses rekaman album "507". Namun pada saat proses rekaman album "507" itu pulalah Sheila On 7 akhirnya mengangkat Brian menjadi drummer tetap Sheila On 7 hingga sekarang. Sheila On 7 sekarang adalah Brian (drum), Eross (guitar), Duta (vocal), Adam (bass). Mereka punya nickname "B.E.D.A."

Album Sheila on 7

1. Sheila on 7

Sheila on 7 adalah album musik karya Sheila on 7. Dirilis pada tahun 1999 yang merupakan debut album Sheila on 7 di blantika musik Indonesia. Album ini sendiri mengusung hits single Dan, Kita, J.A.P, dan Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki. Sheila on 7 salah satu band yang membangkitkan kembali era band muda di Indonesia pada awal millenium baru.

Daftar Lagu


  1. Tertatih
  2. Kita
  3. J.A.P
  4. Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki
  5. Pe De
  6. Dan...
  7. Terlintas 2 Kata
  8. Berai
  9. Bobrok
  10. Perhatikan, Rani!
2. Kisah Klasik Untuk Masa Depan

Kisah Klasik Untuk Masa Depan adalah album musik karya Sheila on 7. Dirilis pada tahun 2000. Dengan hits single lagu Sahabat Sejati, Bila Kau Tak Disampingku, dan Sephia.Album yang ditunggu-tunggu para sheila gank ini berhasil 'meledak' di pasaran kaset saat itu, bahkan beberapa lagunya sempat menjadi soundtrack beberapa sinetron di televisi swasta nasional.

Daftar Lagu
  1. Sahabat Sejati
  2. Bila Kau Tak Disampingku
  3. Sephia
  4. Just For My Mom (Adam Subarkah dan Eross Candra)
  5. Temani Aku
  6. Sebuah Kisah Klasik
  7. Pagi Yang Menakjubkan
  8. Lihat, Dengar, Rasakan (Adam Subarkah)
  9. Tunggu Aku di Jakarta
  10. Karna Aku Setia
  11. Tunjuk Satu Bintang
  12. Selamat Tidur
3. 07 Des

07 Des adalah album musik karya Sheila on 7. Dirilis pada tahun 2002. Dengan hits single lagu Seberapa Pantas dan Tunjukkan Padaku.

Daftar Lagu
  1. Tunjukkan Padaku
  2. Hingga Ujung Waktu
  3. Seberapa Pantas
  4. Seandainya
  5. Buat Aku Tersenyum
  6. Saat Aku Lanjut Usia
  7. Mari Bercinta
  8. Trimakasih Bijaksana
  9. Takkan Pernah Menyesal
  10. Tentang Hidup
  11. Bapak-Bapak
  12. Percayakan Padaku
  13. Pria Kesepian
  14. Waktu Yang Tepat Untuk Berpisah
4. 30 Hari Mencri Cinta

Ost. 30 Hari Mencri Cinta adalah album musik karya Sheila on 7. Dirilis pada tahun 2003. Untuk mengiringi film 30 Hari Mencari Cinta yang dibintangi oleh Nirina Zubir, Dinna Olivia dan Maria Agnes. Dengan hits singel lagu Melompat Lebih Tinggi dan Berhenti Berharap.

Daftar lagu
  1. Melompat Lebih Tinggi
  2. Berhenti Berharap
  3. Kita
  4. Berai
  5. Mari Bercinta
  6. Untuk Perempuan
  7. Tunjuk Satu Bintang
  8. J.A.P
  9. Sebuah Kisah Klasik
  10. Menyelamatkanmu
5. Pejantan Tangguh

Pejantan Tangguh adalah album musik karya Sheila on 7. Dirilis pada tahun 2004. Dengan hits singel lagu Pejantan Tangguh dan Itu Aku.

Daftar lagu
  1. Pejantan Tangguh
  2. Itu Aku
  3. Pemuja Rahasia
  4. Pilihlah Aku
  5. Brilliant 3x
  6. Tanyaku
  7. Generasi Patah Hati
  8. Coba Kau Mendekat
  9. Ketidakwarasan Padaku
  10. Pendosa
  11. Jangan Beri Tahu Niah
  12. Khaylila
6. Jalan Terus - The Very Best of Sheila on 7

Jalan Terus adalah album musik karya Sheila on 7. Dirilis pada tahun 2005. Merupakan album Best Of dari grup ini. Berisi 14 buah lagu dengan komposisi 3 lagu baru, yaitu Bertahan Disana, Sekali Lagi, dan Jalan Terus. Lagu utama dalam album ini adalah Bertahan Disana

Daftar lagu
  1. Bertahan Di Sana
  2. Sekali Lagi
  3. Kita
  4. Dan
  5. Sahabat Sejati
  6. Itu Aku
  7. Melompat Lebih Tinggi
  8. Pejantan Tangguh
  9. Pria Kesepian
  10. J.A.P
  11. Sephia
  12. Seberapa Pantas
  13. Berhenti Berharap
  14. Jalan Terus
7. 507

507 adalah album musik karya Sheila on 7. Dirilis pada tahun 2006. Lagu utamanya ialah Mantan Kekasih

Daftar lagu
  1. Intro
  2. Radio
  3. Mantan Kekasih
  4. Ingin Pulang
  5. Kau Kini Ada
  6. Pemenang
  7. Bingkisan Tuhan
  8. Terlalu Singkat
  9. Terjamah Yang Lain
  10. Cahaya Terang
  11. Last Pretence
8. Menentukan Arah

Menentukan Arah adalah album studio ke-6 dari kelompok musik Sheila on 7. Album ini dirilis pada 23 Oktober 2008 di bawah label Sony BMG dengan singel pertama "Betapa" yang terlebih dahulu rilis pada pertengahan Juni 2008 dan kemudian disertai singel kedua berjudul "Yang Terlewatkan".

Album ini merupakan album lanjutan dari album sebelumnya berjudul 507 yang telah dirilis pada tahun 2006. Album ini disebut sebagai album kembalinya Sheila On 7 ke panggung hiburan setelah marak berita perpecahan dikarenakan beberapa personelnya memiliki kesibukan masing-masing. Bahkan Eross sempat merilis sebuah album bersama band barunya Jagostu pada tahun 2007. Dengan dirilisnya singel "Betapa" usai sudah penantian para penggemar Sheila on 7. Singel ini dirilis dalam format RBT dan pemutaran di radio dan TV. Singel ini merupakan singel pertama mereka yang dikerjakan tanpa music engineering.

Daftar lagu
  1. Betapa
  2. Yang Terlewatkan
  3. Ibu Linda
  4. Jalan Keluar
  5. Mudah Saja
  6. Arah
  7. Lia Lia Lia
  8. Alasanku
  9. Segalanya
  10. Sampai Kapan
9. Berlayar

Berlayar adalah sebuah album musik utama karya Sheila On 7. Dirilis pada tahun 2011. Sejak album 507 yang dirilis tahun 2006 lalu, praktis gaung Sheila On 7 di blantika musik Indonesia seolah nggak terlalu kedengaran lagi. Hits Pemenang yang ada di album itu pun seakan-akan menjadi hits terakhir yang bisa mengingatkan telinga orang-orang akan grup asal Yogyakarta ini. Padahal setelahnya, masih ada album Menentukan Arah yang dirilis tahun 2008. Pun album itu dianggap nggak bisa mengembalikan kejayaan Sheila On 7 seperti di awal-awal debut mereka pada penghujung 90-an dan awal 2000-an.

Daftar lagu
  1. Have Fun
  2. Pasti Ku Bisa
  3. Hujan Turun
  4. On The Phone
  5. Hari Bersamanya
  6. Berlayar Denganku
  7. Perfect Time
  8. Kamus Hidupku (Demo Version)
  9. Bait Pertama
  10. Hari Bersamanya (Accoustic Version)




0 Comments:

Posting Komentar